SERTIFIKASI ISO 9001 : 2008
1. Pengakuan dari lembaga sertifikasi (independent) bahwa organisasi telah menerapkan system manajeen mutu yang memenuhi persyaratan standar ISO 9001 : 2008
2. Lembaga sertifikasi adalah lembaga independent yang berhak mengeluarkan sertifiat
3. Masa berlaku sertifikat ISO 9001 : 2008 selama 3 tahun
4. Dilakukan audit pemantauan atau surveillance audit oleh auditor lembaga serifikasi tiap bulan/1 tahun
5. Setelah 3 tahun sertifikat IS) 9001 : 2008 harus diperbarui melalui audit
Apakah ISO ?
1. ISO bukan singkatan tetapi nama kecil
2. Diambil dari bahasa Yunani ISO = sama/kesamaan/equel
3. Digunakan untuk nama organisasi
Jadi ISO adalah :
1. Organisasi internasional untuk standarisasi, merupakan federasi dunia badan-badan standar nasional dari seluruh dunia
2. Didirikan pada tahun 1947, berkedudukan diJenewa, Swiss
3. Keanggotaan : Badan Standar dari sekitar 163 negara
4. Tugas : menghasilkan perjanjian internasional yang diterbitkan menjadi standar internasional
5. Jumlah standar yang telah diterbitkan sekitar 18.000 standar
6. Memilki lebih dari 250 Technical Committee
Technical Committee adalah komite teknis yang bertugas menyiapkan draft standar untuk diputuskan oleh anggota ISO menjadi standar internasional
Suatu draf dapat ditetapkan menjadi standar internasional bila mendapat persetujuan dari minimal 75% anggota ISO
SERI ISO 9001 : 2008
SISTEM MANAJEMEN MUTU
ISO 9000 : 2005 Fundamenetal and vocabulary
SNI 19-9000 : 2005 Dasar-dasar dan kosakata
ISO 9001 : 2008 Requitment
SI 19-9001 : 2008 Persyaratan
ISO 9004 : 2000 Guidance for performance Improvement
SNI 19-9004 : 2005 Panduan Peningkata Kinerja
ISO 19011 : 2002 Guidance for QMS and EMS audit
SNI 19-19011 : 2004 Panduan audit sistem manajemen mutu dan sistem manajemen
Lingkungan
BAGAIMANAKAH PROSES SERTIFIKASI ISO 9001
Komitmen Organisasi Tindakan Perbaikan
Pendidikan dan Pelatihan Aplikasi ke Lembaga Sertifikasi
Pengembangan Dokumentasi Tinjauan Kecukupan Dokumen
Pengendalian Dokumen dan system Audi Lapangan
Audit Internal 1. Memenuhi Syarat Sertifikat ISO
2. Tidak Memenuhi Syarat Audit Ulang
Tinjauan Manajemen
BAGAIMANA MENJAGA SISTEM PASCA SERTIFIKASI ISO 9000?
1. Sertifikasi
2. Tindkan Perbaikan
3. Pengendalian dan Pemantauan Sistem
4. Audit Internal
5. Tinjauan Manajemen
6. Tindakan Perbaikan
QUALITY MANAGEMENT SYSTEM (QMS)
Suatu system manajemen untuk
QUALITY MANAGEMENT SYSTEM
Delapan Prinsip Sistem Managemen Mutu :
1. Customer Focus (Kepuasan Pelanggan)
2. Leadership (Kepemimpinan)
3. Involvement of People (Pelibatan Orang)
4. Process Approach (Interaksi dengan Unit Lain)
5. System Approach to Managemen (Sistem terdiri dari Sub-sub Sistem)
6. Continual Improvement (Perbaikan Berkesinambungan)
7. Factual Approach to Decision Making (Pendekatan Data untuk Pengambilan Kaputusan)
8. Mutually Beneficial Supplier Relationship (Hubungan yang Saling Menguntungkan antara
Supplier dengan Konsumen
1. CUSTOMER FOKUS
· Memerlukan sistem komunikasi yang kondusif
· Memahami kebutuhan dan harapan pelanggan, baik saat ini maupun masa mendatang
· Merencanakan untuk memenuhi persyaratan dan mencapai harapan
· Puncuk pimpinan harus memastikan bahwa persyaratan telah ditetapkan dan memenuhi kepuasan pelanggan
2. PEMIMPIN
· Merumuskan tujuan dan memberikan arahan
· Menyediakan sumber daya
· Memastikan fous pada pelanggan
· Mengkomunikasikan dan dapat diakses untuk komunikasi
· Mewujudkan lingkungan yang dapat melibatkan semua orang dalam mencapai tujuan organisasi
· Memimpin melalui keteladanan dan harus menunjukkan kesungguhan komitmennya
· Meninjau fakta dan memutuskan tindakan
2. INVOLVEMENT OF PEOPLE
· Mutu menjadi tanggung jawab semua orang
· Sasaran mutu harus dimiliki dan berada di seluruh tingkat organisasi dan melibakan semua orang
· Kmunikasi merupakan hal yang sangat penting
· Pelatihan berarti mengkomunikasikan, melibatkan dan kesempatan bagi semua orang
· Menetapkan tanggung jawab dan wewenang tiap personel
· Pemberdayaan sumber daya yang ada
· Tiap personel dapat teribat melalui berbagai cara
3. PROCESS APPROACH
· Proses adaah seperangkat aktivitas yang saling berinteraksi mengubah input menjadi output
· Produk adalah hasil dari suatu proses termasuk jasa
· Output autu proses dapat menjadi input pada proses yang lain
· Mengendalikan proses untuk memastikan outputsesuai dengan persyaratan
· Melakukan analisis da tinjauan untk perbaikan berkesinambungan
· Aktivitas dan sumber daya dapa dikelola lebih efektif jika mempertimbangkan sebagai proses
4. SYSTEM APPROACH TO MANAGEMANT
· Perlu pemahaman dan mengelola proses-proses terkait sebagai auatu system
· Output dari suatu proses
PERSYARAAN DOKUMENTASI
1. UMUM
· Persyaratan terdokumentasi dari kebijakan mutu dan sasaran mutu
· Pedoman mutu
· Prosedur terdokumentasi yang diminta oleh standar internasional
· Dokumen yang diperlukan oleh organisasi untuk memastikan perencanaan, operasi dan kendali prosesnya secara efektif
· Rekaman yang diminta oleh Standar Internasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar