Senin, 05 Desember 2011

Apa Itu ISO.................?

SERTIFIKASI ISO 9001 : 2008
1.       Pengakuan dari lembaga sertifikasi (independent) bahwa organisasi telah menerapkan system manajeen mutu yang memenuhi persyaratan standar ISO 9001 : 2008
2.       Lembaga sertifikasi adalah lembaga independent yang berhak mengeluarkan sertifiat
3.       Masa berlaku sertifikat ISO 9001 : 2008 selama 3 tahun
4.       Dilakukan audit pemantauan atau surveillance audit oleh auditor lembaga serifikasi tiap  bulan/1 tahun
5.       Setelah 3 tahun sertifikat IS) 9001 : 2008 harus diperbarui melalui audit



Apakah ISO ?
1.       ISO bukan singkatan tetapi nama kecil
2.       Diambil dari bahasa Yunani ISO = sama/kesamaan/equel
3.       Digunakan untuk nama organisasi

Jadi ISO adalah :
1.       Organisasi internasional untuk standarisasi, merupakan federasi dunia badan-badan standar nasional dari seluruh dunia
2.       Didirikan pada tahun 1947, berkedudukan diJenewa, Swiss
3.       Keanggotaan : Badan Standar dari sekitar 163 negara
4.       Tugas : menghasilkan perjanjian internasional yang diterbitkan menjadi standar internasional
5.       Jumlah standar yang telah diterbitkan sekitar 18.000 standar
6.       Memilki lebih dari 250 Technical Committee

Technical Committee adalah komite teknis yang bertugas menyiapkan draft standar untuk diputuskan oleh anggota ISO menjadi standar internasional

Suatu draf dapat ditetapkan menjadi standar internasional bila mendapat persetujuan dari minimal 75% anggota ISO





SERI ISO 9001 : 2008
SISTEM MANAJEMEN MUTU

ISO 9000 : 2005                                  Fundamenetal and vocabulary
SNI 19-9000 : 2005                            Dasar-dasar dan kosakata

ISO 9001 : 2008                                  Requitment
SI 19-9001 : 2008                               Persyaratan

ISO 9004 : 2000                                  Guidance for performance Improvement
SNI 19-9004 : 2005                            Panduan Peningkata Kinerja

ISO 19011 : 2002                                Guidance for QMS and EMS audit
SNI 19-19011 : 2004                         Panduan audit sistem manajemen mutu dan sistem manajemen
Lingkungan

BAGAIMANAKAH PROSES SERTIFIKASI ISO 9001
Komitmen Organisasi                                                     Tindakan Perbaikan
       
        Pendidikan dan Pelatihan                                             Aplikasi ke Lembaga Sertifikasi

        Pengembangan Dokumentasi                                   Tinjauan Kecukupan Dokumen




        Pengendalian Dokumen dan system                       Audi Lapangan








        Audit Internal                                                                    1. Memenuhi Syarat                       Sertifikat ISO
                                                                                                        2. Tidak Memenuhi Syarat           Audit Ulang
        Tinjauan Manajemen

                                                                                                                               

BAGAIMANA MENJAGA SISTEM PASCA SERTIFIKASI ISO 9000?
1.       Sertifikasi
2.       Tindkan Perbaikan
3.       Pengendalian dan Pemantauan Sistem
4.       Audit Internal
5.       Tinjauan Manajemen
6.       Tindakan Perbaikan

QUALITY MANAGEMENT SYSTEM (QMS)
Suatu system manajemen untuk

QUALITY MANAGEMENT SYSTEM
Delapan Prinsip Sistem Managemen Mutu :
1.       Customer Focus (Kepuasan Pelanggan)
2.       Leadership (Kepemimpinan)
3.       Involvement of People (Pelibatan Orang)
4.       Process Approach (Interaksi dengan Unit Lain)
5.       System Approach to Managemen (Sistem terdiri dari Sub-sub Sistem)
6.       Continual Improvement (Perbaikan Berkesinambungan)
7.       Factual Approach to Decision Making (Pendekatan Data untuk Pengambilan Kaputusan)
8.       Mutually Beneficial Supplier Relationship (Hubungan yang Saling Menguntungkan antara
Supplier dengan Konsumen





1.       CUSTOMER FOKUS
·         Memerlukan sistem komunikasi yang kondusif
·         Memahami kebutuhan dan harapan pelanggan, baik saat ini maupun masa mendatang
·         Merencanakan untuk memenuhi persyaratan dan mencapai harapan
·         Puncuk pimpinan harus memastikan bahwa persyaratan telah ditetapkan dan memenuhi kepuasan pelanggan

2. PEMIMPIN
·         Merumuskan tujuan dan memberikan arahan
·         Menyediakan sumber daya
·         Memastikan fous pada pelanggan
·         Mengkomunikasikan dan dapat diakses untuk komunikasi
·         Mewujudkan lingkungan yang dapat melibatkan semua orang dalam mencapai tujuan organisasi
·         Memimpin melalui keteladanan dan harus menunjukkan kesungguhan komitmennya
·         Meninjau fakta dan memutuskan tindakan

2.       INVOLVEMENT OF PEOPLE
·         Mutu menjadi tanggung jawab semua orang
·         Sasaran mutu harus dimiliki dan berada di seluruh tingkat organisasi dan melibakan semua orang
·         Kmunikasi merupakan hal yang sangat penting
·         Pelatihan berarti mengkomunikasikan, melibatkan dan kesempatan bagi semua orang
·         Menetapkan tanggung jawab dan wewenang tiap personel
·         Pemberdayaan sumber daya yang ada
·         Tiap personel dapat teribat melalui berbagai cara

3.       PROCESS APPROACH
·         Proses adaah seperangkat aktivitas yang saling berinteraksi mengubah input menjadi output
·         Produk adalah hasil dari suatu proses termasuk jasa
·         Output autu proses dapat menjadi input pada proses yang lain
·         Mengendalikan proses untuk memastikan outputsesuai dengan persyaratan
·         Melakukan analisis da tinjauan untk perbaikan berkesinambungan
·         Aktivitas dan sumber daya dapa dikelola lebih efektif jika mempertimbangkan sebagai proses

4.       SYSTEM APPROACH TO MANAGEMANT
·         Perlu pemahaman dan mengelola proses-proses terkait sebagai auatu system
·         Output dari suatu proses


PERSYARAAN DOKUMENTASI
1.       UMUM
·         Persyaratan terdokumentasi dari kebijakan mutu dan sasaran mutu
·         Pedoman mutu
·         Prosedur terdokumentasi yang diminta oleh standar internasional
·         Dokumen yang diperlukan oleh organisasi untuk memastikan perencanaan, operasi dan kendali prosesnya secara efektif
·         Rekaman yang diminta oleh Standar Internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar