Senin, 17 Oktober 2011

The Automotive Shop Hand Tools

Alat-alat Tangan Tempat Kerja Otomotif

(The Automotive Shop Hand Tools)

Di dalam bengkel otomotif ataupun bengkel kerja bangku dikenal ada dua jenis alat bantu kerja yaitu alat tangan dan alat mesin atau alat tenaga (hand tools and machine tools or Power tools)1) kedua alat tersebut dibedakan atas tenaga penggeraknya dimana alat mesin untuk menggerakkannya menggunakan tenaga bantu dari mesin, misalnya mesin gerinda untuk dapat berputar batu gerindanya harus di putarkan oleh motor listrik, sedangkan alat tangan menggunakan tenaga otot/tangan manusia. Dengan kata lain  alat tangan adalah alat bantu kerja yang penggunaannya selalu menggunakan tenaga tangan manusia. Peralatan yang akan di bahas  berikut ini termasuk dalam kategori alat-alat tangan (Hand Tools).
Pekerjaan memasang dan melepas baut /mur, skrup, snapring adalah pekerjaan yang hampir selalu ada disetiap unit kompetensi perbaikan kendaraan otomotif. Peralatan untuk memasang/ melepas baut (bolt) dan mur (nut) berdimensi segi enam (Hexagonal) disebut kunci pas/ ring/ kombinasi segi enam (Wrench Hexagonal) dan untuk kepala baut segi empat disebut Wrench Square. Sedangkan peralatan untuk membuka skrup (screw) adalah obeng (Screw driver).
Kunci  dibuat dengan berbagai bentuk untuk tujuan pemakaian pada berbagai kondisi, posisi dan dimensi baut/mur. Kunci yang umum digunakan untuk perbaikan kendaraan otomotif yaitu :
·         Kunci pas (open end wrench)
·         Kunci Ring (box Wrench)
·         Kunci Kombinasi  (Combination Wrench)
·         Kunci Soket (Socket Wrench)
·         Kunci Inggris/Kunci yang dapat distel (Adjustable Wrench)
·         Kunci Roda (Wheel nuts and bolts wrench)
·         Kunci busi
·         Obeng (screw driver)


·         Kunci Pas (open end wrench)
Fungsi Kunci Pas
Kunci pas dibuat untuk mengencangkan dan melepas baut dan mur yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya atau kepala baut dan mur yang telah dilonggarkan dengan kunci ring.
Kunci pas dapat juga digunkan untuk membuka mur/kepala baut dengan posisi pemasangan yang tersembunyi atau terhalang oleh bentuk konstruksi seperti terlihat pada gambar 02 di bawah ini :
 








·         Konstruksi Kunci Pas
            Kunci pas dibuat dari bahan baja tensil tinggi yaitu logam paduan Chrome Vanadium, kunci ini mempunyai tangkai (shank) dengan kepala di masing-masing ujung yang membuat sudut 150 terhadap tangkainya. Pada disain khusus terdapat kunci pas dengan arah rahang 900 dari tangkainya. (lihat Gambar .02)1)










Kepala terdiri dari rahang-rahang yang rata. Kunci pas umumnya dibuat menjadi dua buah kunci pada kedua ujungnya dengan ukuran yang berbeda, misalnya ukuran 6 mm dan 7 mm atau 8 mm dan 9 mm, dan seterusnya dibuat berpasangan dalam satu kunci sehingga lebih efisien pemakaiannya dan penggunaan bahannya4). Ukuran kunci biasanya menunjukkan lebar dari mulut kunci yang berarti juga lebar kepala baut/mur (perhatikan Gbr.03)











·         Spesifikasi Ukuran            Kunci Pas
      Satuan ukuran kunci pas terdiri dari mm (metric) dan inch (imperial). Untuk satuan metric tersedia ukuran 4 mm hingga 80 mm:. Tetapi yang umum digunakan di Otomotif adalah 6 mm dengan kenaikan setiap satu mm hingga ukuran 36 mm, kecuali ukuran 31, 33, 34 dan 35 mm tidak disediakan1)
Gambar berikut ini memperlihatkan kunci pas dalam berbagai ukuran :












Kunci pas dengan satuan inch untuk otomotif tersedia dengan kenaikan ukuran 1/4 inch hingga 2 inch. Tetapi untuk keperluan lain (di luar) otomotif disediakan ukuran kunci hingga 4 inch atau lebih dan dengan kenaikan ukuran yang lebih kecil yaitu 11/32 inch.
·         Kunci Ring (Box Wrench)
Fungsi Kunci Ring
Kunci ring dengan konstrruksi duabelas sudut (mata) memungkinkan dapat digunakan pada ruang yang terbatas. Karena dindingnya yang tipis, kunci ring dapat digunakan pada posisi dimana kunci pas tidak dapat digunakan.
















Disain Konstruksi Kunci Ring

  Sama halnya dengan kunci pas, kunci ring juga dibuat dari bahan baja tensil tinggi yaitu merupakan paduan logam chrome vanadium, dengan cincin

yang berdimensi heksagonal atau lebih pada lobang diameter dalamnya. Kunci ini lebih kuat dan lebih ringan dari kunci pas dan  memberikan cengkraman pada seluruh kepala baut.

Spesifikasi ukuran kunci Ring

Kunci ring umumnya mempunyai tangkai yang lebih panjang dibandingkan kunci pas, memberikan gaya tuas yang lebih besar. Gunakan kunci ring sebagai pilihan utama sebelum menggunakan kunci-kunci jenis lain.

















·         Kunci Kombinasi (combination wrench)

Fungsi Kunci Kombinasi 

                                            Gbr.09: Kunci Kombinasi.
Kegunaan dari kunci kombinasi ini adalah saling mengisi kekurangan yang ada pada masing-masing kunci pas dan ring. Lebih simpel karena hanya dengan satu jenis kunci berarti membawa dua macam yakni pas dan ring dengan ukuran sama. Kunci ini sangat berguna saat menyetel pengikat (fastener) dengan ukuran yang sama pada posisi yang berbeda.
Disain Konstruksi Kunci Kombinasi
Kunci kombinasi merupakan gabungan dari kunci pas dengan kunci ring pada masing-masing ujung dalam ukuran yang sama. Kunci pas ujung terbuka hanya dapat digunakan bila kunci pas berbentuk cincin atau soket tidak cocok dengan kepala baut atau  mur.






 
Spesifikasi Ukuran Kunci Kombinasi
    Kedua jenis kepala dengan ukuran segi enam yang sama bisa terdapat pada tangkai sebuah kunci pas.  Jenis ini dikenal dengan kunci pas “kombinasi”. Ukurannya dicap atau dicap timbul pada tangkainya berkisar antara  6 mm sampai dengan 32 mm.2)

Umumnya, baik offset ujung ring maupun ujung terbukanya disusun 15 derajat terhadap tangkainya.

Kunci Soket (Socket Wrench)

Fungsi Kunci  Soket
Soket adalah alat berbentuk silinder yang dibuat dari baja tensil tinggi atau sejenis logam paduan yaitu chrome vanadium dan untuk memperbaiki penampilannya dilapisi dengan nikel. Satu ujung soket mempunyai dudukan segi empat, dan ujung lainnya mempunyai dimensi hexagonal (seperti kunci ring) untuk digunakan pada mur atau baut. (lihat Gbr)











Kunci soket sering disebut juga kunci sok, kunci sok  dirancang khusus untuk melepas/memasang baut dan mur. Kunci sok adalah jenis kunci yang paling baik digunakan untuk melepas komponen dari kendaraan bermotor. Kunci ini akan pas pada baut hampir pada seluruh tempat pada kendaraan.
Yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
1)    Kelemahan kunci pas dan kunci ring adalah sulit menjangkau baut dan mur yang berada pada posisi tersembunyi seperti baut pengikat intake dan exhaust manifold yang berada tersembunyi di bawah karburator. Dengan kunci  sok yang dilengkapi dengan batang penyambung (extention), masalah ini dapat terpecahkan.
2)    Dibandingkan dengan kunci pas dan kunci ring, kunci soket ini lebih besar memberikan gaya torsi atau momen puntirnya terhadap pengencangan atau pelepasan baut dan mur, hal ini karena soket selalu dilengkapi dengan batang pemutar dan Ratchet.
Momen pemasangannya sudah ditentukan menggunakan kunci momen.
Disain Konstruksi Kunci Soket
      Kunci soket tersedia dalam satu set  kunci dalam kotak alat (disebut set soket : lihat gambar) terdiri dari beragam ukuran soket dan batang-batang. Kunci soket adalah alat yang paling efektif dan paling cepat penggunaannya hingga melepas dan mengencangkan baut dapat dilakukan dalam hiungan waktu yang efisien.   Dimana kunci ini dapat
 ditempatkan dengan benar pada baut atau mur. Kunci ini sangat sesuai dengan kelengkapan tambahan yang dapat disambungkan dengan ujung penggerak segi empat. Kunci ini juga mempunyai keunggulan dalam mencengkram seluruh sisi kepala baut dan mur dan memberikan gaya puntir dari titik pusat alat.







Spesifikasi Ukuran Kunci Soket
Kunci soket dan kelengkapannya Dipakai untuk membuka dan mengeraskan mur atau baut berbagai ukuran. Ukuran soket selalu menyesuaikan dengan standar ukuran baut dan mur. Dalam satuan metrik (mm) ukuran soket adalah berkiasar antara 4mm sampai dengan 80 mm.
Ratchet digunakan untuk melepas/memasang baut yang dalam keadaan longgar, tanpa harus melepaskan kunci sok dari kepala baut atau mur selama proses melepas atau memasang tapi cukup hanya dengan cara menarik-narik batang ratchetnya saja selama melepas atau memasang. Untuk mengubah arah putaran kunci sok ke arah memasang atau melepas, maka kunci pembalik arah putarnya harus digeser diputar terlebih dahulu.

Perhatian !
Tidak diperkenankan melonggarkan / mengencangkan baut atau mur dengan menggunakan  ratchet, hal ini dapat merusak ratchet karena bagian dalam ratchet tidak dirancang untuk keperluan tersebut. Ratchet hanya digunakan untuk baut yang masih longgar atau mur yang sudah dilonggarkan sebelumnya oleh batang pemutar yang lain.





Kelengkapan Soket
Kelengkapan tambahan yang disiapkan bersama dengan set soket memungkinkan anda memilih cara untuk melepas baut atau mur dengan cepat dan mudah






Gambar 13: Batang ratchet


Gb. 14. Batang Universal
dan batang luncur Tee








Gambar 16 Tangkai engkol

Gamb. 15  Batang sambung

Gambar 17: Tangkai bengkok







Kunci Inggris/Kunci yang dapat distel (Adjustable Wrench).
Fungsi Kunci Inggris
Kunci Inggeris adalah kunci yang digunakan secara umum. Kunci Inggeris dapat digunakan untuk melepas atau mengganti mur atau baut dimana ukuran kunci pas/ring yang sesuai tidak ada.  Tetapi kunci ini tidak ditujukan untuk menggantikan kunci pas/ring, yang mana lebih sesuai untuk penggunaan untuk beban berat. Kunci Inggeris sulit benar-benar sesuai dengan ukuran mur atau baut tanpa membuat kepalan mur atau baut menjadi bulat.

Disain Konstruksi Kunci Inggris
Kontruksinya merupakan kunci pas yang dapat diatur, rahangnya dapat bergerak untuk menyesuaikan berbagai ukuran mur dalam rentang tertentu.  Kunci Inggeris dituang dari bahan campuran baja berkualitas tinggi untuk mendapatkan kekuatan dan kehandalan.
Satu dari rahangnya bersatu dengan gagangnya dan tidak dapat digerakkan dan rahang yang lainnya bebas bergerak pada gagangnya.  Sebuah perangkat  digunakan untuk mengunci rahang yang bebas bergerak tersebut pada posisi yang diperlukan.  Kunci Inggris ini terbuat dari baja tempa berkualitas tinggi dan permukaan dilapisi khrom atau difurnish hitam agar tahan lama.



Gambar 18 Kunci Inggeris

Spesifikasi Ukuran Kunci Inggeris

        Rahang tetapnya dibentuk 5 derajat terhadap gagang. Gigi lurus sebagai tempat rahang bebas di dalam gagang.

Pena pasak yang dikartel memposisikan pengatur di dalam gagang sehingga pena tersebut terpasang dengan gigi-gigi pada rack (gigi lurus).
Pengatur yang dikartel digunakan untuk mengatur rahang-rahang pada posisi-posisi antara 0 sampai yang terlebar. Panjangnya dapat mulai dari 100 mm sampai 450 mm. Digunakan bila kunci pas yang tepat tidak dapat digunakan.

Catatan:
Lebar maksimum rahang ditentukan oleh ukuran kunci pas, yaitu semakin panjang kunci pas, semakin lebar rahangnya dapat dibuka.











Kunci Roda
Fungsi Kunci Roda
Kunci roda digunakan untuk melepas dan mengganti mur roda pada kendaraan bermotor. Kunci roda terbuat dari batang baja dimana ujung-ujungnya mempunyai kepala soket segi enam.

 








Gambar 20: Kunci roda.
Disain Konstruksi Kunci Roda
Jenis kunci roda yang ditemukan di sebagian besar bengkel mempunyai empat jari-jari  (gambar 20 a), ujung dari masingmasing jari jari disatukan pada satu titik pusat hingga membentuk palang/silang pada ujung luar masing-masing batang terdapat soket yang masing masing berbeda ukuran. Kunci roda memberikan penuasan yang baik saat melepas mur roda yang keras/sulit.
Kunci roda modal (gambar 20 b) adalah kunci soket kepala segi enam tunggal khusus yang ditempatkan di ujung suatu batang.  Batang tersebut  panjangnya kurang lebih 250 mm, dibengkokkan hampir tegak lurus di dekat kunci soket. 
Fungsi  kunci roda yang umum digunakan untuk :
a.    Membuka baut dan tutup hub roda.
b.    Membuka baut, membuka dan menempatkan kembali tutup roda.
Spesifikasi ukuran kunci Roda
Kunci roda ini mempunya soket pada setiap ujungnya dengan dua buah batang melintang.
Rentang ukuran kunci roda sesuai dengan hampir semua ukuran baut roda.  Ukuran yang paling umum adalah ¾ inci, 13/16 inchi (19 mm dan 21 mm).
Kunci roda digunakan untuk mengendorkan dan mengencangkan baut roda pada sumbu roda kendaraan bermotor.

KUNCI BUSI
·         Fungsi dan Konstrruksi
          Kunci busi digunakan untuk melepas dan memasang busi yang umumnya dipasang pada posisi sulit dijangkau oleh kunci  pas ataupun kunci ring.
Di samping itu kunci busi dirancang khusus untuk tidak mendapat perlakuan momen pengencangan yang terlalu kuat, dengan cara mendisain tangkai yang pendek.
         










·         Spesifikasi
Kunci busi dibuat dengan ukuran standar mengikuti ukuran busi yang ada. Ukuran standar tersebut yaitu : 10; 14 dan 18 mm.

Obeng (Screwdrivers)
Obeng ada dalam satuan set dalam ukuran dan bentuk penggerak yang berbeda. Panjang, pendek, sangat pendek(buntung). Obeng terdiri dari batang yang terbuat dari baja keras berkualitas tinggi dengan satu mata pada satu ujungnya dan gagang terbuat dari pelastik, dicetak pada batangnya.

Obeng digunakan untuk melepas sekerup dari komponen-komponen kendaraan seperti lampu kepala, pelindung radiator, dan untuk melepas pengikat seperti sekerup-sekerup kotak dan baut-baut talang. Obeng juga dapat digunakan untuk pekerjaan lain seperti mencongkel cetakan, badge, emblem dan menekan/ mendorong seperti pemasangan penghapus kaca.






Gambar 13: Satu set Obeng

Jenis-Jenis Obeng
Ada dua jenis utama obeng. Yaitu

  1. Obeng standar (pipih)
  2. Obeng kembang (philip)
Obeng standar (Obeng pipih)

Obeng standar mempunyai bilah pipih dan ini digunakan untuk melepas atau mengganti pengikat (fastener) seperti sekrup pengetap sendiri dan baut-baut kotak, seperti juga halnya mencungkil cetakan, badge, lis pintu dan lain-lain. Obeng pendek (stubby) yang lebih kecil mempunyai batang pendek dan digunakan pada area dimana tidak diperlukan gaya penuasan.





        Gambar 15: Obeng pendek (stubby)           Gambar 16: Kepala sekrup obeng standar
Obeng Phillip (Kembang)

Obeng kembang mempunyai mata berbentuk bintang, digunakan untuk melepas sekerup kepala kembang. Sekerup ini banyak digunakan sebagai pengikat untuk grill, lampu kepala, lampu belakang atau parkir pada semua jenis kendaraan bermotor. Obeng jenis ini memungkinkan gaya puntir yang besar dan kecil kemungkinan terjadi slip pada kepala sekerup.

Stand Pengaman

Stand pengaman ada yang tetap dan ada juga yang dapat disetel dan didisain agar sesuai untuk beban dengan berat yang khusus.  Stand-Stand beban ringan akan menyangga beban sampai seberat dua ton sedangkan Stand-Stand beban berat dapat menyangga sampai 15 ton.

Ada berbagai jenis Stand pengaman yang berbeda dan kesemuanya dimaksudkan sebagai landasan kestabilan dan sadel yang kuat.

Stand pengaman yang ringan dan dapat disetel terdiri dari:

Sebuah landasan,
o ditekan dari baja lempengan.
o Dilas pada dan menyangga tiang yang dapat disetel.
o Menyebarkan beban ke permukaan lantai yang luas.
Tiang yang dapat disetel,
o terdiri dari pipa baja, bagian yang berulir dan mur kupu-kupu yang besar.
o Memungkinkan tinggi Stand disetel sesuai dengan kebutuhan.
Sadel,
o Terbuat dari  baja segi empat yang berat.
o Dilas pada bagian yang berulirnya.
o Didisain agar pas di bawah komponen-komponen chassis atau suspensi sehingga kendaraan tidak tergelincir.

Stand Pengaman digunakan untuk menopang kendaraan di atas lantai untuk menjamin ada ruang yang cukup untuk bekerja di bawah kendaraan.








Gambar 22 :  Stand Pengaman.

1 komentar:

  1. Perlu keterampila khusus untuk bisa menggunakan secara cermat dan teliti..

    BalasHapus